Jumat, 30 September 2016

Menangkap Raut Wajah Model yang Berseri

Setelah menempatkan emiter unit flash pada jarak yang lebih jauh dari subjek, cahaya akan menyebar ke area yang lebih luas, dan karena itu akan melemahkan penyinaran pada subjek. Dalam hal ini, Anda dapat menaikkan ISO speed untuk meningkatkan photosensitivity (kepekaan foto) kamera. Dengan melakukan hal itu, Anda dapat memperoleh kecerahan yang cukup, bahkan apabila intensitas cahaya flash melemah. Dalam contoh ini, saya menetapkan ISO speed ke 800 dan exposure compensation ke +2EV untuk menangkap raut wajah yang berseri dari kedua model di atas panggung dalam kilauan cahaya. Untuk mencegah subjek menjadi buram lantaran pergerakan subjek, saya menetapkan shooting mode ke Shutter-priority AE, lalu menetapkan shutter speed ke 1/200 detik.

EOS 600D/ EF70-300mm f/4-5.6L IS USM/ Shutter-priority AE (1/200 det., f/4.0, +2EV)/ ISO 800/ WB: Auto/ Flash: Speedlite 580EX II (E-TTL, flash exposure compensation: +0.3EV)

Saran

  • Gunakan ISO speed yang lebih tinggi untuk mengimbangi cahaya lemah lantaran jarak yang lebih panjang
  • Memilih Shutter-priority AE mode untuk mencegah subjek menjadi buram
 

Kondisi Pemotretan


Jarak kamera dari model hanya sekitar 5m. Panggungnya dikelilingi oleh rel sehingga tidak mungkin bagi saya untuk maju lebih mendekati mereka. Pada ISO 100, diperlukan jumlah cahaya yang cukup besar untuk memperoleh kecerahan yang memadai dari jarak ini. Sebetulnya, suasana yang lebih cerah akan lebih disukai.

Posisi subjek, kamera dan Speedlite


A: Kira-kira 5m
 
 

Menangkap Burung Liar dalam Warna Jelas dari Jarak Jauh

Untuk mereproduksi warna burung liar ini secara jelas di hutan yang remang-remang, saya memanfaatkan flash, dan mengurangi flash exposure compensation ke -0.3EV untuk mencegah cahaya flash yang kuat merusak suasana alam. Namun demikian, jarak kamera dari model hanya sekitar 10m. Jadi, saya tetapkan ISO speed ke 1000. Dengan meningkatkan photosensitivity kamera sambil mempertahankan intensitas flash tetap rendah, saya dapat mereproduksi warna burung di kejauhan dalam nada warna cerah dan jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar